Printer Canon MP 198 dan masalahnya



kali ini aku mau shering tentang printer canon MP198.kata orang ,mitos printer sebagai tempat masalah yang terbanyak pada dunia komputer ,tidak sepenuhnya benar.terbukti printer canon-ku tetap ok.padahal printerku itu kupakai usaha fotocopy,printing,dan cetak foto.untung ada canon.sehari kalo lagi rame aku bisa fotocopy sampai 50 lembar.belum printing dan cetak foto dan stiker.untuk urusan tintanya.aku pakai tinta infus ciss,4 warna.dengan merk tinta e-print.murah meriah ,irit biaya,kualitas tetap dapet.berikut sedikit Tips agar printermu tetap OK.:

1 .setelah pemakaian catridge asli printer habis warnanya. cepat bawa ketempat servis untuk pemasangan infus tinta(jika kamu memang ingin pasang infus).
    NB: jangan gunakan infus jika penggunaan printermu hanya untuk kebutuhan ngeprint sekali kali saja.tetapi   pakailah sistem suntik,agar tidak terjadi penggumpalan tinta pada cartridge.namun jika penggumpalan tinta itu terjadi maka lakukanlah pembersihan cartridge.caranya:
  •   lepas catrid dari printer,letakan piring kecil yang berisi air hangat sedikit saja.rendam catrid dipiring.ingat jangan sampai terendam semua.apalagi elemen kuningnya jangan sampai terendam.
  •   lakukan vakum terhadap catrid .sedot sampai beberapa mili,atau sampai tinta keluar.pastikan tempel head catrid ditisu,untuk memastikan setiap warna terlihat ditisu.
  • setelah itu baru bisa dipasang kembali.
2.jika sudah terpasang infusnya jangan sering mencopot catrid dari printer,agar tidak terjadi kemungkinan kerusakan pada head catrid.dan memperpanjang daya pakai usia catrid.jika salah satu warna nggak mau keluar lakukan cleaning dengan softwarenya.atau pencet tombol tang&obeng pada panel tombol printer.pencet terus sampai angka berubah huruf H.lakukan cleaning H 2x atau sampai bersih.jika masih belum bersih lakukan cleaning Y.jika ceaning Y 2x belum juga bersih atau ada tinta yang nggak keluar,maka boleh cleaning secara manual dengan melepas catrid,seperti cara diatas.
    3 .pada waktu ngeprint buka tutup kecil pada tabung infus,agar udara mengalir dan menekan tinta untuk masuk kecatrid.jika   terdapat udara pada selang infus atau pada selang infus tinta tak mau jalan/kesedot kedalam catrid.periksalah masalahnya:
    • periksa selang infus apakah ada kebocoran pada selang,jika ada yang bocor solasi selang.
    • periksa pada elbow  catrid.apa ada yang robek. lem antara elbow dan karet elbow dan lobang catrid agar tidak ada kelonggaran,yang menyebabkan udara masuk.
    • copot catrid ,pasang pada alat vakum.tutup semua tutup tabung rapat2.lalu vakum catrid perlahan sampai tinta keluar.tahan sedotan suntikan berapa detik lalu copot suntikan vakum.
    • jepit selang dengan jepitan,lalu pasang catrid pada printer,pasang klem selangnya,agar tidak terjadi serimpet pada printer,lepas jepitan selangnya.
    • nyalakan printer,buka tutup kecilnya tabung infus dan amatilah apakah masih ada lubang udara pada selang.cobalah untuk ngeprint.jika          tinta yang sudah masuk kecatrid kembali lagi ketabung,berarti masih terdapat kebocoran pada catrid.ulangi langkah diatas.

    4. jangan mencoba untuk membuka tutup catrid,apapun alasannya.jika terjadi salah memasukkan warna pada catrid maka lakukanlah:
    • tutup dengan kertaas elemen kuning dari catrid.agar aman.
    • rendam catrid diair hangat sampai cartid keluar semua tintanya
    • vakum sisa tinta dicatrid.
    • suntikkan cleaner/air hangat kedalam masing2x lubang pengisian tinta pada catrid,sampai ada air/tinta yang menetes kebawah berubah jadi bening.sambil terus divakum catridnya.
    • lakukan hati2x dan pelan2x agar tidak terjadi kerusakan head pada catrid.
    4.buatkan lubang pembuangan tinta ,agar tidak sering terjadi eror E8(waste tank ink penuh)akibat seringnya proses cleaning otomatis pada printer. adapun cara membuat lubang pembuangan untuk canon mp 198 sebagai berikut:
    • nyalakan printer lalu buka tutup atasnya,agar catrid pindah kesebelah kiri.tahan dudukan catrid,lalu matikan power printer/cabut soketlistriknya. 
    • lepaskan penutup atas catrid dengan cara mencongkel dengan obeng min.ingat casing printer banyak menggunakan sistem lock,jangan sampai ada lock yang patah.
    • lepaskan les putihnya dengan mendorong kebawah setelah terlebih dulu direnggangkan locknya.
    • buka 4 baut terlihat.lalu lepaskan loacknya seperti gambar ini.

    • jika casing sudah terbuka semua,cari selang pembuangannya.dengan cara lakukan cleaning dengan menggunakan softwarenya.dan lihat jalannya tinta.jika sudah ketemu selangnya,tarik selang itu keluar agar lepas.oh ya muara selang itu tertancap dalam dibelakang printer.
    • buat 2 lubang   pada sisi casing,untuk tempat keluarnya selang.pasang selang pembuangan pada lubang tersebut.sampai disini pembuatan lubang pembuangan sudah selesai.tapi jangan keburu ditutup.lakukan pembersihan mumpung casing printer terbuka.
    • ambil beberapa ml cairan cleaner/air hangat,lalu semprotkan perlahan pada gabus tempat dudukan cleaning/waste inknya.sementara sedot tinta dari selang pembuangan dengan suntikan kosong.lakukan sampai waste inknya bersih.
    • bersihkan percikan tinta pada bagian dalam casing printer dengan kapas yang diberi air hangat /coton bud.
    • setelah selesai pasang kembali tutup casing secara perlahan .pasang kembali baut2nya.
    • pada ujung selang pembuangan yang keluar pasangi botol dengan menambahkan selang cottonbud.agar tinta buangan tidak meluber kemana mana.
    • lakukan reset waste tank bila perlu sebelum terjadi eror.untuk resetter dan cara reset klik disini

      Category:

      4 komentar:

      Ruang Tamu Saepull mengatakan...

      duh bagu sekali nih mas pembahasannya
      saya minta tolong dong solusi hasil print MP198 mencong-mencong apalagi kalo print tabel pasti gak lurus. padahal cartridgenya baru diganti yang baru
      kalo ada yang harus dibenerin dalemnya tolong kasih tahu juga cara buka casing printer

      Karman Tonji mengatakan...

      ilmu yang bermanfaat

      Hendri Doel mengatakan...

      pada printer MP 198 saya, salah satu warna (merah) tidak keluar/tidak ngeprint. padahal kondisi catrige penuh dan warna keluar sempurna bila head ditempel tisu. gimana ya solusinya gan? kalau berkenan tolong emailkan ke wah.hendri@gmail.com

      Toko/Fc. Nahrul mengatakan...

      njing, salah tu bikin pembuangan nya,
      selang pembuangan nya cuma ada satu di belakang, klu yang itu masuk ke pump ny dulu baru dibuang,gara-gara cara itu ku harus bongkar printer dulu untuk masang selang nya lagi ketempat semula, heh dsar...

      Poskan Komentar